Friday, February 4, 2011

Aktivis Palestin terlepas dari penjara Mesir selamat pulang

Aktivis Palestina yang dipenjara di Mesir dapat berkumpul kembali dengan keluarga mereka setelah pembebasan dari penjara, di tengah protes anti-pemerintah di seluruh negeri Afrika Utara tersebut.

Para aktivis yang dipenjara oleh rezim Mubarak berhasil melarikan diri penjara Abu Zaabal di pinggiran ibukota Mesir, Kairo, selama dua hari terakhir dan mencapai Jalur Gaza melalui terowongan bawah tanah antara Gaza dan Mesir, seorang koresponden Press TV melaporkan.

Motasem al-Goga, salah satu tahanan, menghabiskan tujuh tahun di penjara tanpa pengadilan. Dia ditangkap atas tuduhan menjadi anggota sayap militer Hamas.

"Saya bisa melarikan diri dari penjara Abu Zaabal dengan delapan kawan saya, tahanan politik Palestina, ketika ipenjara itu dibakar," kata Mohammed Abdel-Hadi, tahanan lain Palestina.

"Sejauh ini, enam tahanan politik yang berhasil melarikan diri dari penjara Mesir telah tiba di Jalur Gaza," ia melanjutkan.

Para tahanan melarikan diri ketika ribuan tahanan lainnya kabur dari penjara di Mesir di tengah-tengah protes nasional yang dipicu 30 tahun pemerintahan Presiden Hosni Mubarak Selasa lalu.

Mesir menutup perusahaan persimpangan dengan Jalur Gaza pada hari Minggu setelah protes menyebar ke daerah perbatasan.

Sebanyak 1,5 juta penduduk Gaza khawatir peristiwa di Mesir, dapat memberi dampak ekonomi yang lebih lanjut jika perbatasan tetap tertutup untuk waktu yang lama.
muslimdaily

No comments: